Banyak Proyek Siluman Apa Tugas Konsultan Perencana. - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 04 Januari 2018

Banyak Proyek Siluman Apa Tugas Konsultan Perencana.

Banyak Proyek Siluman Apa Tugas Konsultan Perencana.

LAMBAR-Konsultan perencana adalah pihak yang ditunjuk oleh pemberi tugas untuk melaksanakan pekerjaan perencanaan, perencana dapat berupa perorangan atau badan usaha baik swasta maupun pemerintah. Tugas konsultan perencana dalam pelaksanaan proyek konstruksi adalah,mengadakan penyesuaian keadaan lapangan dengan keinginan pemilik bangunan membuat gambar kerja pelaksanaan membuat Rencana kerja dan syarat – sayarat pelaksanaan bangunan ( RKS ) sebagai pedoman pelaksanaan. membuat rencana anggaran biaya bangunan memproyeksikan keinginan – keinginan atau ide – ide pemilik ke dalam desain bangunan melakukan perubahan desain bila terjadi penyimpangan pelaksanaan pekerjaan dilapangan yang tidak memungkinkan desain terwujud di wujudkan mempertanggungjawabkan desain dan perhitungan struktur jika terjadi kegagalan konstruksi wewenang konsultan perencana adalah.

Artinya Proyek yang bertanggung jawap penuh adalah konsultan maka penegak hukum harus beri sangsi sama konsultan karena mereka yang dari awal sebagai perencana sampai pinising menurut ktua LSM FKPI lambar arhap MSmengungkapkan, ini sudah berjemaah pengawas pelaksana dan konsultan bekerja sama dengan kontraktor untuk merobah Spek dan kualitas rtinya banyak merugikan negara untuk memperkaya diri seharusnya konsultan harus dikasih Epek jera dulu alias di penjara kita yakin mereka menerima suap termasuk kepala dinas sebagai pengelola anggaran dalam hal ini kadis PU kami ingin kejaksaan dan kepolisian untuk melakukan penyelidikan .kata ktua LSM FKPI Lambar.
Masih kata Arhap,mempertahankan desain dalam hal adanya pihak -pihak pelaksana bangunan yang melaksanakan pekerjaan tidak sesuai dengan rencana menentukan warna dan jenis material yang akan digunakan dalam pelaksanaan pembangunan.

Agar pelaksanaan proyek pembangunan dapat berjalan dengan baik diperlukan konsultan perencana yang bagus dalam menghasilkan setiap detail perencanaan bangunan, misalnya gambar kontrak yang jelas tanpa adanya pertentangan perbedaan antar gambar serta perbedaan gambar rencana dengan kondisi dilapangan. selain itu dalam hal spesifikasi bangunan juga dijelaskan dengan detail agar tidak terjadi hambatan dalam pemilihan material saat pekerjaan pembangunan berlangsung.
Saat pelaksanaan pembangunan berlangsung pihak konsultan perencana dapat membuat jadwal pertemuan rutin dengan kontraktor untuk membahas hal-hal yang mungkin perlu mendapat pemecahan dari perencana misalnya saat aproval material atau pembuatan gambar shop drawing sebagai pedoman pelaksanaan proyek. hal-hal yang sering menjadi permasalahan dari produk perencana misalnya material yang telah ditentukan pada RKS sulit ditemukan pada saat pembangunan atau harganya terlalu mahal melebihi RAB sehingga kontraktor mengusulkan persetujuan perubahan material untuk digunakan sebagai pengganti. masalah lainya misalnya perbedaan gambar rencana dengan kondisi exsiting lapangan sehingga kontraktor membuat gambar perubahan yang memerlukan persetujuan konsultan perencana dalam pelaksanaan proyek  sehingga diperlukan kerjasama dan hubungan yang baik antara kontraktor dan konsultan perencana.
Hak dan Kewajiban Konsultan Perencana adalah ,membuat perencanaan secara lengkap yang terdiri dari gambar rencana,rencana kerja dan syarat-syarat,hitungan struktur, rencana anggaran biaya.memberikan usulan dan pertimbangan kepada pengguna jasa dan pihak kontraktor tentang pelaksanaan pekerjaan memberikan jawaban dan penjelasan kepada kontraktor tentang hal hal yang kurang jelas dalam gambar rencana,rencana kerja dan syarat syarat.membuat gambar revisi bila terjadi perubahan perencanaan menghadiri rapat koordinasi pengelolaan proyek.
 Kontraktor Pelaksana adalah badan hukum atau perorangan yang ditunjuk untuk melaksanakan pekerjaan proyek sesuai dengan keahliannya.  Atau dalam definisi lain menyebutkan bahwa pihak yang penawarannya telah diterima dan telah diberi surat penunjukan serta telah menandatangani surat perjanjian pemborongan kerja dengan pemberi tugas sehubungan dengan pekerjaan proyek. Pada Proyek ‘tempat penulis kerja praktek’ ini, pemilik proyek memberikan kepercayaan secara langsung kepada kontraktor pelaksana untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi. Peraturan dan persetujuan tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak diatur dalam dokumen kontrak.

Kontraktor bertanggung jawab secara langsung pada pemilik proyek (owner) dan dalam melaksanakan pekerjaannya diawasi oleh tim pengawas dari owner serta dapat berkonsultasi secara langsung dengan tim pengawas terhadap masalah yang terjadi dalam pelaksanaan. Perubahan desain harus segera dikonsultasikan sebelum pekerjaan dilaksanakan kontraktor sebagai pelaksana proyek tentunya mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan fungsinya, antara lain adalah sebagai berikut. melaksanakan pekerjaan konstruksi sesuai dengan peraturan dan spesifikasi yang telah direncanakan dan ditetapkan didalam kontrak perjanjian pemborongan memberikan laporan kemajuan proyek (Progress) yang meliputi laporan harian, mingguan, serta bulanan kepada pemilik proyek yang memuat antara lain.” Ktua LSM FKPI menambahkan seperti proyek jalan raya Way tenong Air Itam proyek pelebaran jalan ada beberapa  Aitem yang tidak sesuai yang pertama plang proyek,permukaan jalan bergelombang,tidak pakai LPA,lebar dan kedalamanya Asal-Asal ,AC WC mestinya 4/5 ini diduga tidak cukup ketebalannya ,Drajat silsius tidak mencapai 100 Drajat cuman 70 Drajat C.,Tendem cuman berat 2,5 ton,.Untuk itu kepada pihak penegak hukum segera menindak lanjuti temuan tersebut kita selamatkan Uang Negara ini sudah masuk ke tahun 2018.(EditorlambarCom)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad