Acara Pelantikan Dan Pengukuhan Pengurus Icmi Orda Pesisir Barat Periode 2017-2022 - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 09 Januari 2018

Acara Pelantikan Dan Pengukuhan Pengurus Icmi Orda Pesisir Barat Periode 2017-2022

Acara Pelantikan Dan Pengukuhan Pengurus Icmi Orda Pesisir Barat Periode 2017-2022

PESIBAR -Kelahiran ICMI bukankah sebuah kebetulah sejarah belaka, tetapi erat kaitannya dengan perkembangan global dan regional di luar dan di dalam negeri. menjelang akhir dekade 1980-an dan awal dekade 1990-an,dunia ditandai dengan berakhirnya perang dingin dan konflik ideologi.
Seiring dengan itu semangat kebangkitan islam di belahan dunia timur ditandai dengan tampilnya islam sebagai ideologi peradaban dunia dan kekuatan altenatif bagi perkembangan perabadan dunia. bagi barat, kebangkitan islam ini menjadi masalah yang serius karena itu berarti hegemoni mereka terancam. apa yang diproyeksikan sebagai konflik antar peradaban lahir dari perasaan barat yang subjektif terhadap islam sebagai kekuatan peradaban dunia yang sedang bangkit kembali sehingga mengancam dominasi peradaban barat.

Kebangkitan umat islam ditunjang dengan adanya ledakan kaum terdidik (intelectual booming) yang di kalangan kelas menengah kaum santri indonesia.program dan kebijakan orde baru secara langsung maupun tidak langsung telah melahirkan generasi baru kaum santri yang terpelajar, modern, berwawasan kosmopolitan, berbudaya kelas menengah,serta mendapat tempat pada institusi-institusi modern pada akhirnya kaum santri dapat masuk ke jajaran birokrasi pemerintahan yang mulanya didominasi oleh Kaum Abangan dan di beberapa tempat oleh Non muslim.posisi demikian jelas berpengaruh terhadap produk-produk kebijakan pemerintah.

Dengan kondisi yang membaik ini,maka pada dasa warsa 80-an Mitos bahwa umat islam indonesia merupakan mayoritas tetapi secara teknikal Minoritas runtuh dengan sendirinya. sementara itu, pendidikan berbangsa dan bernegara yang diterima kaum santri di luar dan di dalam kampus telah mematangkan mereka buka saja secara mental, tetapi juga secara intelektual. dari mereka itulah lahir critical mass yang responsif terhadap dinamika dan proses pembangunan yang sedang dijalankan dan juga telah memperkuat tradisi inteletual melalui pergumulan ide dan gagasan yang diekpresikan baik melalui forum seminar maupun tulisan di media cetak dan buku-buku.seiring dengan itu juga terjadi perkembangan dan perubahan iklim politik yang makin kondusif bagi tumbuhnya saling pengertian antara umat islam dengan komponen bangsa lainnya,termasuk yang berada di dalam birokrasi.
ICMI dibentuk pada tanggal 7desember 1990 disebuah pertemuan kaum cendekiawan muslim di kota malang tanggal 6-8 desember 1990 di pertemuan itu juga dipilih baharuddin jusuf habibie sebagai ketua ICMI yang pertama. Icmi dengan program tunggalnya 5k (kualitas iman dan taqwa, kualitas fikir, kualitas kerja, kualitas karya, dan kualitas hidup) telah banyak berkarya baik untuk kepentingan organisasi maupun masyarakat,terdapat tiga karakter utama organisasi Icmi, yakni,sifat ke-islaman, keindonesiaan, dan kecendekiawanan.,sifat dasar icmi yakni,ke-islaman memberinya landasan bagi pandangan-pandangan yang universal sifat ke-indonesiaan menyediakan lingkup penerjemahan pandangan ke-islaman yang universal dalam konteks ruang dan zaman modern,sifat kecendekiawanan merupakan tumpuan amanat khusus yang diemban icmi dalam perjuangan membangun masyarakat dan bangsa.
Cendekiawan muslim adalah orang islam yang peduli terhadap lingkungannya, terus menerus meningkatkan kualitas iman dan takwa, kemampuan berpikir, menggali, memahami dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kehidupan keagamaan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan untuk diamalkan bagi terwujudnya masyarakat madani.
ICMI merupakan  tempat berdiskusi membahas pembangunan lokal, regional dan nasional. Icmi harus mnguatkan keimanan masyarakat agar tercifta masyarakat yang madani, mandiri dan sejahtera serta  diridhoi oleh allah swt selanjutnya seorang cendikiawan muslim harus  bijaksana dan juga bermanfaat bagi yang lainnya serta  harus memerangi musuh bersama yaitu kebodohan dan kemiskinan.,mengingat karena kondisi jumlah penduduk yang semakin meningkat jika tidak diimbangi oleh kualitas iman yang baik maka akan menimbulkan berbagai masalah, untuk itu diperlukan kepedulian bersama untuk meningkatkan kualitas penduduk.  oleh sebab itu saya minta kegiatan-kegiatan di dalam icmi mendapat dukungan dari berbagai pihak yang berkompeten didalamnya.
Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.H.Agus Istiqlal, S.H.,M.H.,Mengatakan pada kesempatan ini,, pengurus orda Icmi kabupaten pesisir barat dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dalam meningkatkan peran icmi untuk mendukung terwujudnya kiprah umat muslim yang bermartabat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sekaligus ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program pembanunan yang dilaksanakan pemerintah,termasuk di kabupaten pesisir barat ,Bupati juga mengapresiasi icmi pusat dan icmi provinsi lampung, atas pengesahan pengurus icmi pesisir barat yang baru momentum ini adalah upaya penyegaran kepengurusan daerah yang diharapkan menjadi tonggak kebangkitan kembali majunya icmi pesisir barat.
Para pengurus Icmi pesisir barat diharapkan mampu membangun koordinasi dan kerja sama yang baik dengan pemerintah kabupaten pesisir barat, serta bersinergi dalam mensukseskan program pembangunan pemerintah,sehingga dengan kebersamaan semua pihak akan mampu terus meningkatkan pembangunan dan kemajuan yang bermanfaat bagi umat dan masyarakat di kabupaten pesisir barat.
Masih kata Bupati,harap dengan terbentuknya pengurus icmi yang baru tentunya mampu menjalin hubungan yang harmonis dalam upaya turut memajukan kabupaten pesisir barat. “ Bupati yakin, pengurus Icmi kabupaten pesisir barat kedepannya dapat menciptakan kader-kader muda islam yang dapat mengaplikasikan kecendikiawanan kepada generasi penerus dengan segenap kemampuan yang dimiliki sehingga dirasa penting dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat
Acara tersebut dilaksanakan diGSG selalaw krui ,Hadir dalam acara itu, ketua Icmi Orwil lampung beserta rombongan wakil bupati pesisir barat,ketua DPRD dan anggota DPRD kabupaten pesisir barat,unsur forkopimda kabupaten pesisir barat dan kabupaten lampung barat,sekretaris daerah, pejabat tinggi pratama,pejabat administrator, pejabat pengawas dan pelaksana di lingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat,kepala kantor kemenag kabupaten pesisir barat,ketua MUI kabupaten pesisir barat,para ketua organisasi islam se-kabupaten pesiisir barat,ketua FKUB kabupaten pesisir barat,ketua BKMT Kabupaten peesisir barat,para camat pesisir tengah beserta jajaran serta peratin dan ketua LHP se-kecamatan pesisir tengah,para ketua  ORDA se-kabupaten pesisir barat beserta jajaran (EditorlambarCom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad