Jembatan Yang Rusak Harus Segera Diperbaiki Oleh Propinsi. - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 03 Januari 2018

Jembatan Yang Rusak Harus Segera Diperbaiki Oleh Propinsi.

Jembatan Yang Rusak  Harus Segera Diperbaiki Oleh Propinsi.

LAMBAR-Baru-baru ini,masih ada ditemukan jembatan penghubung antar desa di kecamtan suoh dan Bandar negri suoh (BNS),kabupaten lambar yang belum tersentuh dan bahkan terkesan dibiarkan sudah lama bertahun-tahun .Jembatan tersebut merupakan penghubung beberapa desa terkhusus Desa suoh yang ada di seputaran Kecamatan suoh. Beginilah jadinya kalau tidak ada perhatian dari dinas terkait, jembatan ini lantainya sudah rapuh dan berjatuh dibiarkan saja Jembatan ini salah satu jembatan yang menghubungkan antara dua kecamatan maupun desa  yang ada di Kecamatan Suoh dan BNS sampai sekarang tidak ada perhatian dinas terkait untuk memperbaiki. “ Kami minta kepada pemerintah daerah /propinsi atau dinas terkait untuk segera memperbaiki Jembatan yang rusak. Apalagi, di malam hari di seputaran jembatan sangat gelap dan tidak ada rambu-rambu apapun yang terpasang Takutnya rawan terjadinya kecelakaan,” tegasnya.

Terkait masalah ini Ketua LSM FKPI kabupaten lampung barat Arhap MS menyayangkan kenapa tidak ada perhatian Dinas PU dalam memperbaiki jembatan yang rusak sedangkan dana untuk pemeliharaan jembatan tiap tahun ada dianggarkan. “ Kemana di bawah dananya ini tidak bisa dibiarkan.Arhap MS,minta kepada Kajati  lampung atau penegak hukum untuk segera mengaudit dana pemeliharaan jalan dan jembatan ” harapnya.
Terkait hal tersebut Kadis PU dan Cipta Karya kabupaten lambar belum berhasil ditemui bahkan dihubungi melalui via telepon tidak ada jawab dan sama juga Bina Marga selaku Kabid Jalan dan Jembatan saat dihubungi melalui via telepon malah hpnya tidak aktif,Hingga berita ini dikirim tidak ada jawaban.
Jembatan Memprihatinkan Makan Korban, seorang pelajar Terjebur kesungai  Setelah sekian lama bertahan dengan kondisi yang memprihatinkan,ketika seorang pelajar dengan temannya sedang mengendarai sepeda motornya melewati jembatan itu untuk pergi ke sekolah .
Beruntung,pelajar  itu tidak mengalami luka yang serius, ia hanya tercebur ke sungai  dan langsung di tolonglah oleh warga sekitar sekitar Jembatan Penghubung Antara Pekon/Desa Banding Agung dan Pekon Tugu Ratu Kecamatan Suoh Lampung Barat (Lambar) yang sangat  Memperihatinkan kembali Memakan Korban.(2/1) Seorang pelajaar SMKN  1 Suoh Terjebur Kedalam Sungai Way Semangka yang jatuh dari Jembatan dengan Alas Papan yang sudah Rapuh dan Bolong bolong saat ia melintas Hendak Berangkat Ke Sekolah,beruntung pelajar Tersebut yang diketahui bernama Ani Warga Pemangku Kali bening Barat Pekon Tugu Ratu Kecamatan Suoh Lambar,dalam Keadaan Selamat  dan hanya sedikit Luka.
Peratin/Kepala Desa Pekon Tugu Ratu Basuki Menjelaskan Bahwa kemarin sekitar Pukul 07.30 WIB Ani dan Bersama Kawan Nya hendak berangkat Sekolah, dia melintas Jembatan tersebut Menggunakan Sepeda Motor Namun dia duduk dibelakang atau dibonceng temannya yang mengemudi Sepeda Motor itu,setelah memasuki Jembatan Ani sebenarnya sudah turun dan Jalan Kaki melintasi jembatan dan temannya melintas sendirian menggunakan Motor,Namun sebelum sampai diujung jembatan Ani sudah Naik Kembali ke Motor dan Tergelincir dan dia akhirnya Jatuh ke Sungai Lewat Bolongan/Lubang papan yang sudah rapuh.
Akhirnya Pengguna Jalan Yang ada Dibelakangnya Bergegas Turun ke Sungai dan Menolong Korban dan kedalaman Air sungai setinggi Dada Orang dewasa Korban sedikit Luka karena terkena Goresan Kayu jembatan dan Sempat di Bawa ke Puskesmas terdekat dan saya sudah kesana sekarang Korban Tidak apa-apa jembatan dengan Panjang sekitar  26 meter dan lebar 5 meter  tersebut dan ketinggian 6 meter Milik Pemerintah  Provinsi Lampung dan Setelah Musibah Tersebut Beberapa Aparat Pekon dan Kecamatan dan Bhabinkamtibmas serta Pihak terkait sepakat Untuk Membongkar Papan Alas Jembatan Tersebut agar tidak dilintasi Warga.
Jembatan tersebut juga menjadi Akses Penghubung antar Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS) Namun Bukanlah Jalan satu satunya Akses Penguhubung warga di Dua kecamatan tersebut, Masih ada jalan Lain namun memutar cukup jauh dan juga ada jembatan Permanen Namun Milik Swasta yakni Milik PLTA. (pembangkit Listrik Tenaga Air).
Masih kata Basuki Menjelaskan Bahwa Jembatan tersebut adalah jembatan  Milik Provinsi Lampung dengan Kerangka Dari Besi baja namun alasnya adalah Papan kayu " Dari Awal jembatan tersebut bentuknya kerangka dan Pondasi dari Baja namun alas jembatan berupa kayu, sudah sering kami dan warga melakukan perbaikan secara swadaya apabila Papan Mulai Rapuh dan Rusak kita gotong royong mengganti Alas jembatan  dengan Menggunakan Papan dari Batang Kayu Kelapa" Dan saat Ini Jembatan Kembali Rusak.
Sementara Peratin Banding Agung,Supangat mengatakan bahwa jembatan tersebut sebelumnya sudah diusulkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat namun Pihak BPBD harus meminta Izin terlebih dahulu ke Pihak Provinsi karena Jembatan tersebut kewenangan provinsi Dia mengatakan bahwa sudah dua Orang menjadi korban jatuh dari Jembatan tersebut namun tidak menimbulkan Luka karena jatuh Ke air saja, dan tidak apa apa ,meski Korban yang sudah sudah  selamat pihaknya tidak menginginkan Terjadi Korban yang jatuh lagi, sehingga meminta kepada provinsi Lampung untuk segera membenahinya agar memperlancar aktivitas warga kami dan agar korban tidak terjadi lagi dan saat ini Jembatan tidak hanya dilalui Kendaraan Roda dua saja atau sepeda motor untuk kendaraan Mobil tidak diperbolehkan melintasi jembatan,(Editorlambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad