Camat Melakukan Pembinaan Kepada Peratin Aparat Pekon Dan Kepala Dusun - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 15 Januari 2018

Camat Melakukan Pembinaan Kepada Peratin Aparat Pekon Dan Kepala Dusun

Camat Melakukan Pembinaan Kepada Peratin Aparat Pekon Dan Kepala Dusun.

LAMBAR-Sesuai dengan amanat undang-undang nomor 23 tahun 2014 pada pasal 226 disebutkan bahwa camat mendapatkan pelimpahan sebagian kewenagan bupati untuk melaksanakan sebagian urusan  pemerintahan,pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan administrasi desa merupakan salah satu tugas dari pemerintah kecamatan yang diatur dalam peraturan pemerintah untuk penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah kecamatan dalam pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan administrasi desa, selain itu juga untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh pemerintah kecamatan,Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di Kecamatan balikbukit kabupaten lampung barat.dari hasil penelitian ditemukan bahwa pemerintah Kecamatan Balikbukit telah melaksanakan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan administrasi desa/Pekon sesuai.

Dengan ketentuan yang telah ditetapkan Sebagai sebuah organisasi yang hidup dan melayani kehidupan masyarakat yang penuh dinamika. kecamatan mengalami banyak masalah sebagai organisasi administrative masalah yang dihadapi juga lebih banyak bersifat manajerial dibandingkan dengan masalah yang bersifat politik kompleksitas masalah yang dihadapi berkaitan Erat dengan banyaknya jumlah penduduk yang dilayani, tingkat heterogenitasnya “ Asal Usul, Pendidikan, Umur, Kemapuan Ekonomi Banyaknya Desa/Kelurahan/Pekon.”

Camat balik bukit kabupaten lampung barat Drs. Junaidi Jamsari, MM. didampingi tenaga profesional  Pendamping Desa Firdaus, SS. Dan Mia Christina, S.AB melakukan pembinaan kepada peratin aparat pekon dan kepala dusun pekon sukarami, Senin, (15/1) yang bertempat di balai pekon sukarami,Kegiatan ini mendapat perhatian serius dari camat karena pekon ini terbilang wilayah cukup luas 2.367 Ha.dengan jumlah penduduk 3.172 jiwa dengan jumlah kepala dusun sebanyak  11 dusun .
Dalam acara pembinaan tersebut Camat  mengatakan pejabat atau kepala peratin pekon ini masih beberapa bulan ini dilantik (baru), hasil pemilihan seretak gelombang kedua yang pelantikannya awal desember tahun 2017 lalu. Tentunya dengan baru dilantiknya peratin harus dilakukan pembinaan agar terjadi sinergi dan koordinasi program pemerintah kabupaten dengan pekon, kesamaan persepsi antara jajaran aparat pekon dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan di pekon kata camat.

Masih kata camat,Terlebih lagi bagi peratin yang baru harus segera menyusun rencana Pembangunan Jangka Menengah Pekon untuk masa jabatan 6 tahun kedepan, segera menetapkan rencana kerja pemerintah pekon tahun 2018 dan menysusun anggaran pembangunan pekon.pada saat yang sama camat juga memeriksa berkas administrasi surat menyurat arsip kantor peratin karena administrasi itu penting jangan dilalaikan imbuh camat ,dan lansung disaksikan peratinTakzim, selanjutnya kerapihan, kebersihan juga penting, kepada aparat untuk bekerjasama mendukung kepemimpinan peratin.

Selanjunya camat juga menghadiri kegaiatan posyandu Lansia yang bertempat di pekon padang dalom kecamatan balik bukit,Posyandu lansia  aktif dilaksanakan setiap minggu kedua bulan berjalan, bertujuan untuk pemantauan dan pemeriksaan resiko tinggi kepada kelompok sasaran dalam hal ini lansia peserta lansia aktif sebanyak 70 orang, secara rutin mengikuti pemeriksaan seperti umur, berat badan, panjang badan, tekanan darah, dan keterangan lain atau keluhan lansia juga posyandu Teratai pekon pang dalom lansung dihadiri bidan Desa Wulan Kurniawati ,A.Md Keb dan didampingi petugas Staf kesehatan puskesmas Eko Susanto,ucap camat .
Hadir dalam acara itu,peratin pekon padang dalom Endra Gunawan, petugas kesehatan Eko, dan bidan desa, TP PKK pekon serta kader posyandu, disamping itu juga diberikan penyuluhan rohani serta diagnose, DM, gangguan ginjal, dan catatan lainnya.(Editorlambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad