Kunjungan Dirjen Perkebunan Dan Anggota DPR RI - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 31 Januari 2018

Kunjungan Dirjen Perkebunan Dan Anggota DPR RI

Kunjungan Dirjen Perkebunan Dan Anggota DPR RI.

LAMBAR- Kunjungan Kerja Dan Silaturrahmi Direktur Jenderal Perkebunan Dan Anggota DPR RI Bersama Kelompok Tani Kabupaten Lampung Barat (Lambar),tahun 2018 yang pertempat kunjungan di Pekon Rigis Jaya Kecamatan Air hitam Rabu (31/01).

Acara tersebut di Hadiri Oleh  Sudin,SE., Anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI, Ir. Bambang, M.M Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian RI berserta rombongan ,Bupati Lambar Parosil Mabsus, Ketua DPRD Lambar Edi Novial S.Kom, Bupati Lambar Periode 2012-2017 Drs. Mukhlis Basri, Unsur Forkopimda, Kepala Dinas Perkebunan Dan Peternakan Provinsi Lampung ,Ir Dessy Desmaniar Romas , Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Lambar Akmal Abdul Nasir SH, Para Asisten Dan Staf Ahli Bupati ,Polres Lambar, Dandim 0422 Lambar, Kepala OPD  di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat , Camat Beserta Uspika dan tokoh petani  masyarakat Air Hitam.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian RI, Ir. Bambang, M.M menyampaikan kita ketahui bersama Kopi yang tumbuh subur di Indonesia punya kekayaan perkebunan yang luar biasa tapi banyak yang belum sadar akan hal itu ,satu hal yang penting datang ke Lambar ini betapa pentingnya perkebunan ekonomi di Indonesia itulah sebabnya bapak jokowi dan bapak kementiran mengintensifkan tanaman di Indonesia karena ternyata tanaman perkebunan kita tertinggi  nilai ekspornya melebihi dari migas tertinggi terhadap sumbangan PBB nya tahun lalu ada Rp 429 triliun jauh  melebihi sumbangan dari migas , ditengah migas dan energy posil yang akan habis nantinya kita semua butuh energy maka perkebunanlah jawabannya.

Kopi di Lambar ini sudah bagus akan tetapi jangan berbanga dahulu mari kita bekerja sambil belajar bagaimana membudidayakan kopi dengan baik perbaikan demi  perbaikan bekerja dengan dan kita  tata kelola dengan baik akan memberikan manfaat yang lebih besar kepada petani. “ Saya melihat antusias baik petani, pejabat dan seluruh lapisan masyarakat dalam kegiatan ini. Apa yang kami lihat hari ini akan disampaikan kepada Pak Menteri dan mengharapkan semoga Lambar akan lebih maju lagi ”,katanya.

Sementara itu Bupati Lampung Barat parosil Mabsus menyampaikan pembangunan pedesaan menjadi sebuah solusi dalam pengembangan ekonomi daerah.  kopi robusta merupakan salah satu produk unggulan daerah sesuai dengan SK Bupati  No. B/336/KPTS/III.2/2014 Tentang Produk Unggulan Daerah (PUD) Kabupaten Lampung Barat. Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu produsen kopi terbesar di Provinsi Lampung Dengan Luas Areal Mencapai 53.611,5 Ha dan produksi mencapai 57.664.4 ton dengan produktivitas mencapai 1.150 KG/HA/THN dan telah memiliki sertifikasi indikasi geografis dari direktorat jenderal hak kekayaan  intelektual kementerian hukum dan hak asasi manusia yang dikeluarkan pada tanggal 13 mei 2014 dengan nama “kopi robusta lampung” bersama dengan Kabupaten Way Kanan Dan Tanggamus.

Dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas kopi, tahun 2018 ini, Pemkab Lambar melalui Dinas Perkebunan Dan Peternakan telah meluncurkan kegiatan intensifikasi tanaman kopi yang komponennya berupa bantuan pupuk NPK untuk 650 KK petani yang masih masuk dalam kategori miskin berserta pendampingan oleh petugas lapangan terlatih guna meningkatkan produksi dan produktivitas kopi sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani.,(ret/Editorlambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad