Lampung Barat Raih Predikat B Untuk Sakip Tahun 2018 - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 31 Januari 2018

Lampung Barat Raih Predikat B Untuk Sakip Tahun 2018

Lampung Barat  Raih Predikat B Untuk Sakip Tahun 2018.

LAMBAR-Pemerintah Kabupaten Lampung Barat  mendapat peningkatan kenaikan Nilai dalam pengelolaan Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Tahun 2018 dari Kemenpan RB Republik Indonesia.Penyerahan Evaluasi  Sakip yang dipimpin oleh Menteri PAN dan RB Asman Abnur dan dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center,Rabu (31/1) yang Dihadiri oleh Wakil Bupati Lampung Barat H.Mad Hasnurin,Inspektur Kabupaten Lampung Barat Edi Yusuf dan Kepala Bapeda Ir. Okmal.

Dalam penjelasannya Okmal menyampaikan bahwa penyusunan SAKIP Kabupaten Lampung Barat evaluasi ini Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintahan,  peraturan presiden nomor 29 tahun 2014 tentang System Akuntabilitas Kinerja Dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 Tahun 2015 Tentang Pedoman Evaluasi Atas Implementasi System Akuntanbillitas Kinerja Instansi Pemerintah. dengan penilaian bobot ,perencenaan kinerja (35%), pengukuran kinerja (20%), pelaporan (15%), evaluasi internal (10%), capaian kinerja (20%).
Masih kata Okmal mengatakan dalam menciptaan tata kelola pemerintahan yang baik dan bebas korupsi, SAKIP pun sebenarnya dapat digunakan untuk menilai sejauh mana upaya yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Penerapan SAKIP seharusnya dapat mendorong instansi pemerintah untuk mewujudkan good governance termasuk pemberantasan korupsi. Kemudian untuk tujuannaya adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas kinerja atau pertanggungjawaban atau hasil (Outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (Result Oriented Government)serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan. Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran Pemkab lampung barat dibandingkan dengan capaian kinerejanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil sudah menunjukan kinerja yang baik.
Dan untuk tahun 2017, hasil evaluasi akuntabilitas Kinerja Instansi Pemkab Lampung Barat  meningkat cukup signifikan dibanding dengan capaian nilai SAKIP tahun 2016 , yang pada tahun 2017 Nilai SAKIP Pemkab lampung barat memperoleh nilai 60,43 dengan predikat Baik (B).Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran Pemkab lampung barat dibandingkan dengan capaian kinerejanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil sudah menunjukan kinerja yang baik,(ret/Editorlambar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad