Masyarakat Gunung Sugih Kecamatan Balikbukit Tetap Pertahankan Budaya Gotong Royong - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 13 Januari 2018

Masyarakat Gunung Sugih Kecamatan Balikbukit Tetap Pertahankan Budaya Gotong Royong

Masyarakat Gunung Sugih Kecamatan Balikbukit Tetap Pertahankan Budaya Gotong Royong.

LAMBAR-Warga Desa Gunung sugih,Kecamatan balikbukit kabupaten lampung barat lambar, hingga saat ini masih tetap mempertahankan budaya gotong royong.dalam setiap kegiatan pembangunan didesanya.Peratin M.Efendi mengatakan,Setiap kegiatan baik pembangunan maupun kegiatan lainya, pasti warga masyarakat turut andil bergotong-royong membantu." Dengan adanya gotong-royong ini, jelas semakin menumbuh kembangkan rasa persaudaraan antar sesama.Semoga budaya ini tetap terus dipertahankan," harapnya.

M.EFendi menambahkan, Ini adalah bentuk masih terjaganya kearifan lokal yang mungkin di daerah lain sudah mulai ditinggalkan.Namun kami akan tetap melestarikan budaya gotong-royong ini.Sebab dengan gotong-royong menumbuh kembangkan kebersamaan,tidak hanya Fasilitas pemerintah,bahkan warga yang sedang membangun rumahpun juga dikerjakan bersama sama, sehingga dapat meringankan beban mereka,"ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan gotong royong buka badan jalan atar tungkok pekon gunung sugih,yang lansung di dihadiri anggota dewan ismun zani, peratin,tokoh adat tokoh masyarakat,sepanjang jalan yang dibuka sekitar 1 kilometer itu diharapkan segera mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah, karena jalan yang dimaksud merupakan urat Nadi perekonomian masyarakat setempat/pekon gunung sugih selama ini,Sumberdaya alam yang ada di ataran atau wilayah desa itu,persawahan seluas lebih kurang 20 Ha.Perkebunan kopi,dan tanaman muda seperti sayur mayur kol,cabi kopi.sangat membutuhkan jalan untuk memperlancar keluar masuknya Hasil  petani menuju jalan Itam.masih kata peratin menambahkan,masyarakat yang selama ini bergotong royong dan rela mengorbankan tanah mereka untuk dibuat jalan karena masyarakat menyadari betapa sulitnya untuk mengeluarkan hasil bumi,sementara disanalah ladang usaha masyarakat,bertahun-tahun masyarakat mendambakan jalan ini tutur peratin M. Efendi dengan Nada haru.
Peratin pekon gunung sugih kecamtatan balikbukit kabupaten Lambar itu,menambahkan kepada Koran ini (14/1),Program pembangunan desa melalui dana desa tahun lalu sudah dibangun rabat beton,untuk selanjutnya pemerintah daerah untuk memperhaikan apa yang diharapkan masyarakat pemerintah pekon (Peratin).

Camat Drs. Junaidi Jamsari, MM. Mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang masih memiliki jiwa kegotongroyongan untuk membangun pekon.Sementara anggota dewan ismun zani siap memberikan dukungan untuk keberlangsungan pembangunan jalan tersebut kedepan.(Wirdayuli/Irw/EditorlambarCom) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad