Bimbingan Teknis Panitia Pelaksanaan Pemilihan Dan Pelantikan Peratin - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 06 Desember 2017

Bimbingan Teknis Panitia Pelaksanaan Pemilihan Dan Pelantikan Peratin

Bimbingan Teknis Panitia Pelaksanaan Pemilihan Dan Pelantikan Peratin.

LAMBAR-Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum Dan Politik Ruspan Anwar S.H., Membuka secara resmi Bimbingan Teknis Panitia Pelaksanaan Pemilihan Dan Pelantikan Peratin  Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017 di Gedung Aeki  Kabupaten Lampung Barat, Rabu (6/12).
Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum Dan Politik Ruspan Anwar S.H.,menyampaikan kemampuan sumber daya manusia adalah unsur kunci suksesnya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat di pekon. Pemerintah Pekon adalah unsur penyelenggara pemerintahan pekon bersama Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) dan perangkat pekon lainnya dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat.ssebagai miniatur negara indonesia, desa (Pekon) menjadi arena politik paling dekat bagi relasi antara masyarakat dengan pemegang kekuasaan (Perangkat Pekon). Di satu sisi, para perangkat pekon menjadi bagian dari birokrasi negara yang mempunyai daftar tugas kenegaraan, yakni menjalankan birokratisasi di level pekon, melaksanakan program-program pembangunan, memberikan pelayanan administratif kepada masyarakat, tugas penting pemerintah pekon dalah memberi pelayanan administratif  kepada warga.
Disamping itu bimtek ini dilakukan untuk pemantapan dalam pelaksanaan pemilihan peratin untuk mewujudkan komitmen penyelenggara secara demokratis dan transparan. Untuk itu masyarakat dan semua pemangku kepentingan termasuk panitia bisa memahami aturan yang sudah ditetapkan. Pemerintah daerah menyambut baik sekaligus mengapresiasi kegiatan bimtek ini.

Ketua Panitia Penyelanggara Games Simanjuntak, S.I.P.,menyampaikan Dasar penyelenggaraan bimbingan teknis panitia pemilihan peratin serentak gelombang ketiga Kabupaten Lampung Barat Tahun Anggaran 2017 berdasarkan Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (Lembaran Negara Refublik Indonesia Tahun 2017 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Refublik Indonesia Nomor 5495), Peraturan pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Desa  ( Lembaran Negara Refublik Indonesia Tahun 2014 Nomor 123, Tambahan lembaran Negara Refublik Indonesia Nomor 5539), Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 Tentang pemilihan kepala desa (berita Negara refublik Indonesia tahun 2017 nomor 2092, Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Barat Nomor 4 tahun 2015 tentang pemerintahan pekon (tambahan lembaran daerah provinsi lampung tahun 2015 nomor 378)Bimbingan Teknis Panitia pemilihan peratin serentak gelombang ketiga Kabupaten Lampung Barat Tahun Anggran 2017 bermaksud untuk Melaksanakan Amanah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, peraturan pemerintah no 43  tahun 2014 tentang petunjuk pelaksanaan  Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, Permendagri nomor 112 tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa dan peraturan daerah nomor kabupaten lampung barat nomor 4 tahun 2015 tentang pemerintahan pekon.

Dengan tujuan  memberikan pembekalan kepada peserta dalam rangka persiapan menghadapi pemilihan  peratin secara serantak gelombang ketiga. Dengan sasaran Terbentuknya panitia pemilihan  peratin yang memahami peraturan yang berlaku . terwujudnya pelaksanaan pemilihan peratin  serantak gelombang ketiga sesuai dengan amanah undang undang yang berlaku.
Pelaksanaan bimbingan teknis panitia pemilihan peratin serentak gelombang ketiga kabupaten lampung barat tahun anggran 2017 dilaksanakan dari tanggal 6 s.d 8 desember 2017. Dengan Narasumber Unsur Balai PMD Regional I Sumatera, Unsur bagian hukum Kabupaten Lampung Barat, Unsur Dinas pemberdayaan masyarakat dan pekon Kabupaten Lambar. Jumlah peserta sebanyak 8 Orang Kasi Pemerintahan Dari 8 Kecamatan Di Kabupaten Lampung Barat (Balik Bukit,Sumber Jaya,Belalau,Way Tenong, Batu Brak, Pagar Dewa, Batu Ketulis Dan Bandar Negeri Suoh) . 11 (Sebelas) Orang Ketua LHP Dari Masing Masing Pekon Yang Yang Akan Melaksanakan Peratin Serentak Gelombang Ketiga Kabupaten Lampung Barat Tahun Anggran 2017. 11 (Sebelas) Orang Juru Tulis Dari Masing Masing Pekon Yang Yang Akan Melaksanakan Peratin Serentak Gelombang Ketiga Kabupaten Lampung Barat Tahun Anggran 2017. 11 (Sebelas) Orang Kasi Pemerintahan Dari Masing Masing Pekon Yang Yang Akan Melaksanakan Peratin Serentak Gelombang Ketiga Kabupaten Lampung Barat Tahun Anggran 2017. (Wir/Irw/EditorlambarCom).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad